Roti Mahina hingga Sirup Pala, Produk Unggulan Lapas Perempuan Ambon

WhatsApp Image 2022-02-02 at 21.42.41 (2).jpeg

Setiap lembaga pemasyarakatan di Indonesia memiliki beragam kegiatan kerja atau program pembinaan kemandirian unggulan yang menjadi daya tarik tersendiri, tak terkecuali Lapas Perempuan (LPP) Kelas III Ambon. Lapas yang dipimpin oleh Ellen M. Risakotta ini memiliki ragam kegiatan mandiri di sejumlah sektor. Untuk sektor jasa, LPP Ambon memiliki salon dan spa; sektor kuliner memiliki produksi sirup pala, sambal roa dan roti; sektor industri memiliki kegiatan menjahit dan kerajinan tangan; sektor agribisnis memiliki hidroponik dan pertanian.

Menurut keterangan LPP Ambon, kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi pihak lapas dalam pengembangan kemandirian warga binaan bersama berbagai pihak, baik instansi pemerintah, pendidikan, hingga swasta. Warga binaan yang terlibat dalam kegiatan produksi ini telah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan produksi.

 

Dari seluruh kegiatan tersebut, produksi sirup pala dan roti dengan merek Mahina Bakery ini menjadi kegiatan produksi unggulan di LPP Ambon. Kegiatan produksi sirup pala ini telah berlangsung sejak tahun 2018 sebagai salah satu upaya untuk memperkuat identitas daerah Maluku. Sebab, sirup pala merupakan salah satu produk unggulan di wilayah Maluku, dan hasil produksi sirup pala dari berbagai industri rumah tangga di sana telah dikirim ke berbagai daerah.

 

“Sedangkan untuk roti Mahina, kegiatan baru dilaksanakan pada bulan September 2021 yang merupakan hasil kegiatan lanjutan dari pelatihan kerja sama dengan SMK Negeri 5 Ambon bidang Pastry & Bakery,” kata perwakilan LPP Ambon dalam keterangan tertulis, Kamis (3/2/2022)

Hasil produksi pangan dari LPP Ambon ini dipasarkan untuk kalangan jajaran lapas, keluarga warga binaan dan masyarakat luas. Produk pangan LPP Ambon juga telah memperoleh izin edar dari Dinas Kesehatan dan sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat. Sistem pemasaran sirup pala dan roti mahina ini menggunakan sistem konvensional kepada konsumen dan sistem titip jual di jaringan pasar swalayan dan pameran-pameran.

WhatsApp Image 2022-02-02 at 21.42.41 (1).jpeg

Menurut perwakilan LPP Ambon, salah satu tantangan dalam produksi pangan ini adalah pihak lapas belum memiliki sarana yang memadai untuk meningkatkan kapasitas produksi lebih tinggi lagi, dikarenakan produksi dilakukan secara manual. Meski produksi masih dilakukan secara manual dan terbatas, konsumen yang telah menikmati sirup pala dan roti Mahina LPP Ambon memberikan respons positif karena ini merupakan terobosan baru lapas sebagai tempat untuk mengasah kemampuan warga binaan melalui pelatihan-pelatihan kegiatan produksi yang berkelanjutan.

 

“Agar sekiranya dapat dijadikan ilmu dan juga usaha baru bagi warga binana yang bebas setelahnya. Produk unggulan juga diterima baik oleh konsumen. Misalnya, sirup pala menjadi identitas daerah Maluku sendiri dengan banyak kandungann khasiat yang baik bagi tubuh,” kata pihak lapas.

 

Selama periode tahun 2021, hasil pemasaran produk roti ini menghasilkan keuntungan bagi kehidupan warga binaan dan memberikan kontribusi bagi negara melebihi target yang telah ditentukan.

OUR CONTACTS

icon contact-01.png

The East Tower lt. 33

Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No. 2 

RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

icon contact 2-01.png

+62 21 579 00701

icon contact 3-01.png
  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram